Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa

IMG_5534-300x200

Bagi sebagian besar mahasiswa, tugas menulis karya ilmiah, baik dalam bentuk makalah maupun skripsi, tampaknya menjadi tugas yang berat. Pemilihan topik penelitian, judul penelitian, sampai penentuan teori menjadi bagian yang dianggap susah, untuk dikerjakan. Sehingga, tidak mengherankan, jika ketika skripsi disusun, beragam perbaikan harus dikerjakan oleh penulisnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Ponorogo melaksanakan workshop penulisan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa semester 6 (enam) yang berjumlah 75 (tujuh puluh lima) orang mahasiswa Prodi Ahwal Syakhshiyah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Ponorogo. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 7 dan 8 Oktober 2015 bertempat di Aula Perpustakaan Lantai 3 STAIN Ponorogo.

Yang menjadi narasumber dan moderator dalam kegiatan ini adalah Dosen dari Jurusan Syari’ah yang sudah berpengalaman dalam penulisan karya tulis ilmiah dan mengampu mata kuliah yang berkaitan dengan metodologi ilmiah. Mereka adalah Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag, Dr. Abid Rohmanu, M.H.I dan Ridho Rokamah, M.S.I.

Adapun materi workshop terdiri atas Desain Penelitian Hukum Islam, Penyusunan latar belakang dan rumusan masalah, Teknik penyusunan Tela’ah Pustaka dan Kerangka Teori, Teknik dan Instrumen Pengumpulan data, Aspek Teknis Penulisan Proposal Skripsi dan Bedah Proposal Skripsi.

Dengan workshop ini diharapkan mahasiswa mampu menemukan permasalahan penelitian, serta merumuskannya dalam bentuk judul penelitian dan rumusan masalah dan menjadi kritis terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di sekitarnya serta mampu menuangkannya dalam suatu karya ilmiah dengan menggunakan suatu metode ilimiah, sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Comments are closed.